skripsi

Kemarin malam, saat aku bertandang kerumah teman ku, eh, aku malah diusirnya ketika aku akan masuk kekamarnya, uh sebel banget, selidik punya selidik ternyata dia mengusirku, sebenarnya sich bukan mengusir tapi tidak mau diganggu aja, ternyata dia sedang membuat tugas akhir kuliah atau lebih populer disebut dengan skripsi, wajar saja kalau temanku tidak mau diganggu sebab dia bilang sangat rumit dan sulit membuatnya, wah apa jadinya kalau entar aku yang membuat tugas skripsi seperti itu??.
temanku saja yang kuliah ambil jurusan ekonomi, dan aku anggap sebagai mahasiswa yang berprestasi bilang sulit kepada ku, dalam membuat skripsi, apalagi aku yang kuliah ambil jurusan tekhnik, mungkin butuh waktu 2 tahun aku membuatnya,.
Ok lah, sekarang kita bahas apa sich skripsi itu, skripsi atau bisa juga disebut sebagai tugas akhir kuliah, merupakan syarat mutlak yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa jika ingin meraih gelar sarjana, pembuatan skripsi sendiri tergantung dari mahasiswa itu sendiri dalam belajar menempuh kuliah di universitasnya, apakah sudah mencampai batas SKS ( sistem kredit semester ) yang sudah ditentukan oleh universitasnya tersebut,
Kalau membicarakan masalah skripsi aku jadi teringat bagaimana mahasiswa tempo doeloe ya, membuat skripsinya?? Tau sendirikan jika kita ingin membuat skripsi kita harus mencari bahanya terlebih dahulu, baru kemudia dibahas lalu baru diringkas, dewasa ini, mahasiswa yang akan membuat skripsi, banyak yang memenfaatkan komputer, khusunya internet untuk mencari bahan skripsi yang akan dibahasnya yang sesuai dengan judul skripsinya, belum lagi adanya mesin pencari seperti google atau yahoo, yang semakin memudahkan mahasiswa dalam memcari informasi, misalnya mencari informasi sebuah perusahaan,. Kita tidak perlu lagi mensuprai langsung ke tempat perusahaan tersebut yang mungkin berdomisili di daerah lain,
lalu bagaiman dengan mahasiswa tempo dulu dalam membauat skrispi??, bukankah dulu belum banyak yang mEngenal internet, belum lagi belum ditemukannya mesin pencari semacam yahoo atau google, ah aku juga kurang tau, mungkin saja para mahasiswa tempo dulu langsung mendatangi perusahaan yang mereka jadikan patokan judul skripsi mereka.
Skipsi sendiri kadang dijadikan momok bagi setiap mahasiswa, malah ada saja mahasiswa yang tidak menselesaikan kuliahnya karena tidak bisa membuat skripsi tersebut yang merupakan syarat meraih titel sarjana, namun jangan salah lho, apabila skrisi yang kita buat tersebuat berpengaruh, berpengaruh, maksudnya?? Maksudnya gini lho, misalkan skripsi yang kita buat menarik bukan tidak mungkin analisis yang kita buat dalam skripsi tersebut dipakai oleh sebuah perusahaan atau bahkan di letakan disebuah museum sebagai simbol skripsi terbaik, sebab aku pernah mendengar dari seseorang yang pernah kuliah di sebuah universitas negri islam, beliau memaparkannya dalam suatu seminarnya bahwa skripsinya pernah dijadikan patokan sebuah perusahaan dan sampai saat ini skripsinya disimpan rapi pada sebuah museum atas rekomendasi pemerintah yang mengagumi analisi skripsi yang ia buat,
So sekarang jangan takut dalam membuat skripsi, bukankah tanpa skripsi kita tidak bisa meraih gelar sarjana??

4 Komentar

  1. puji purwaningsih said,

    7 Januari 2009 pada 8:44 AM

    Aq bingung mau judul skripsinya apa………………….

    • warto kaka said,

      9 Januari 2009 pada 10:25 AM

      mank kamu sdh semester brapa, maaf ni ya,q buat blog dengan judul skripsi tapi q belum skripsi, q aja baru semester 1, mbak kuliah jurusan apa, cb aja mbak tanya sama teman q, ini alamt blognya
      wimkhan.wordpress.com atau budirich.wordpress.com
      mereka bnyak tau, karena telah lulus kuliah

  2. puji purwaningsih said,

    7 Januari 2009 pada 8:47 AM

    wahh………. enak jga mich klo skipsi kita jd penghargaan…mau dunk, maksudna apa mas langsung di terima di perusahaan???coz skripsinya penemuan yang bisa bisa menguntungkan perusahaan tersebut ya……:):):):):)

    • warto kaka said,

      9 Januari 2009 pada 10:13 AM

      maksudnya gini, beberapa bulan yang lalu aku pernah mengikuti sebuah seminar, sang pembicara memperkenalkan diri, dari cv nya hingga data diri yang lain, dan setelah itu beliau jg menjelaskan mengenai skripsi yang dibuatnya saat mash kuliah, dan beliau berkata bahwa skripsi sangat menarik, hingga suatu hari skripsinya diabadikan disebuah museum,katanya sich untuk sempel, supaya para pengujung dapat melihat, mungkin saja skripsinya berpengaruh untuk masyarakat, tapi aku belum pernah kemuseum itu.
      makasih atas komen nya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: